Mendagri Minta Daerah Kembangkan Lapangan Pekerjaan

By Admin

nusakini.com--Pascalebaran umumnya terjadi lonjakan jumlah penduduk di Jakarta dan sejumlah kota-kota penyangganya. Untuk itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta daerah juga mengembangkan lapangan pekerjaan supaya masyarakat tak perlu pindah ke kota. 

Dia mengatakan, pemerintah memang tak bisa menolak atau melarang warga untuk datang ke Jakarta mencari penghidupan lebih baik, namun lewat peraturan daerah (Perda), tentunya ada ketentuan untuk mengawasi mereka yang ingin datang dan menetap di kawasan ibu kota. 

“Misalnya, mereka yang datang dari daerah itu tujuannya untuk apa? Apakah sudah dapat pekerjaan atau belum, bagaimana surat pindahnya dan KTPnya. Itu semua diatur perda,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo dalam apel upacara bendera dan Halal Bihalal di Kemendagri, Senin (11/7). 

Ia mengakui, untuk pengawasan itu memang sulit, namun ia meminta daerah juga mengaturnya jangan sampai pascalebaran di arus balik ini, banyak warga daerah menumpuk di Jakarta. Kemudian saat arus mudik 80 persen warga Jakarta seolah-olah hilang, karena semua pendatang. 

Menurut dia, semua kuncinya ada pada lapangan pekerjaan di daerah sehingga warganya tak perlu ke luar daerah. Pemerintah pusat sendiri mendorong daerah mengembangkan diri dengan cara membuka keran investasi, padat karya dan optimalisasi sektor pariwisata. 

“Saat ini daerah memag sudah mulai terbuka. Dan pemerintah pusat telah memfasilitasi pembangunan di sana. Ada 1.700 triliun dana APBN digelontorkan untuk daerah,” ujar dia. (p/ab)